Pengalaman Saya Bersama iPhone

SEBELUMNYA, SAYA TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATAS KERUSAKAN YANG MUNGKIN AKAN TERJADI.

Saya akan menceritakan pengalaman saya mengenal yang namanya iPhone, jailbreak, cydia dan lainnya. Mungkin ini akan bermanfaat untuk yang baru mengenal tentang iPhone dan iDevices lainnya. Jika kamu serius mau masuk ke dunia ini, baca postingan saya pelan-pelan, sabar dan dipahami untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Siapkan mental yang kuat juga ya.

Pengertian
Pertama akan saya jelaskan terlebih dahulu pengertian kata-kata berikut ini, correct me if I'm wrong ya:
- iDevice : iPhone, iPad, semua produk-produk Apple.

- iOS : Sistem operasi produk Apple.

- IPSW : IPSW itu kalau menurut saya sih, .iso nya Apple, jadi IPSW itu semacam file yang berisi sistem operasi. Kalau di dunia Windows ada kan tuh namanya file windows7.iso nah kalau di iDevice namanya iPhone2,1_6.1.3_10B329_Restore.ipsw

- File IPSW, contohnya iPhone2,1_6.1.3_10B329_Restore.ipsw : iPhone (perangkatnya/iDevice) 6.1.3 (jenis sistem operasinya) 10B329 (itu kodenya, memang kayak gitu, haha) .ipsw (jenis filenya)

- Jailbreak : Proses yang membuat iDevice mu bisa melakukan pengunduhan software secara bebas, cracking lah istilahnya.

- Cydia : Semacam App Store-nya Apple tapi versi gratisan (software di Cydia nggak gratisan semua sih). Cydia didapat setelah kamu melakukan jailbreak.

- Baseband / Modem Firmware :

- IMEI : Menurut saya IMEI itu sama seperti MAC Address

- FU (Factory Unlock) :

- SU :

Tips
- Pastikan kamu punya koneksi internet, wireless lebih baik.

- Kalau sudah download file .ipsw gak usah diubah namanya, gak usah dicompress, gak usah dijadikan WinRar. Oh iya, kalau download file ini jangan dalam bentuk .rar ya pokoknya filenya harus .ipsw kalau mau download file .ipsw di sini aja deh http://appbuntu.com/downloads/ di bagian iOS tuh. Download file .ipsw pakai download manager ya.

- Harus punya komputer yang sudah terinstall iTunes versi paling terbaru.

- Sabar, harus sabar, jangan ceroboh.

- Jangan malu bertanya, jangan malu minta tolong, tapi jangan bikin susah orang lain juga ya.

- Back up dulu menggunakan iTunes! Kemudian copy file back up-nya ke tempat lain. Buka windows explorer, kemudian klik Organize - Folder and search options - Klik tab View, dan pilih Show hidden files, folders, and drives - OK. Kemudian buka folder C:/Users/NamaUser/AppData/Roaming/Apple Computer/MobileSync/Backup nah copy folder Backup itu ke tempat lain, buat jaga-jaga.

- Cari tahu dulu iDevice Anda FU atau SU, sudah di-unlock atau belum. Kunjungi website ini kalau mau cari tahu http://iunlocker.net/check_imei.php masukkan IMEI iDevice kamu. Caranya masukkan IMEI, lalu click "Check". Jika hasilnya "SIM lock  Unlocked " selamat proses upgrade iOS, jailbreak dan lain-lain akan berjalan lebih lancar dan tidak terlalu rumit.

Jika sebaliknya, Anda mengalami kasus yang sama seperti saya, yang menandakan bahwa iDevice Anda itu SU, jika kamu ingin melanjutkan proses jailbreak, upgrade iOS, dan lain-lain secara lancar, minta jasa unlock dahulu agar iDevice kamu menjadi FU, ini jasa unlock ada dua yang menurut saya the best dah, http://www.amycell.com/ (e-mailnya amycell_cs@yahoo.com) dan http://www.facebook.com/pasticell 

Kalau kamu berniat memang mau unlock, langsung bilang ke salah satu dari mereka mau unlock! Kalau mau tanya-tanya dulu, bilang kalau kamu mau tanya-tanya dulu! Masalahnya nanti saat kalian cuma pingin nanya-nanya takutnya malah langsung di-unlock-kan, jadi harus jelas! Pilih salah satu dari jasa unlock! Satu saja! Konsisten!

Nanti saat Anda sudah melakukan unlock dan sudah melakukan upgrade iOS, tapi sinyal masih bertuliskan no service, upgrade ulang. Ingat! Cara upgrade-nya, misalnya posisi iDevice kamu di iOS 4.1 sudah di-unlock nih terus mau kamu upgrade ke iOS 6.1.3, caranya:
- Hubungkan iDevice ke PC, kemudian buka iTunes.
- Tekan dan tahan tombol shift pada keyboard dan lalu tekan restore pada iTunes.
- Cari IPSW-nya, contohnya jika pada kasus di atas, pilih IPSW 6.1.3.

Jika tidak menggunakan cara di atas, dan langsung main klik upgrade di iTunes, maka baseband kamu akan ikut tenaik juga.

. Oh iya, baseband juga harus dalam posisi 05.13 atau 05.16.08. Jika posisi baseband kamu 06.15.00 harus di-downgrade baseband dulu, kalau saya menggunakan redsn0w.

Jadi begini kasusnya, pada tahun 2013 ini, saya mengenal jailbreak dan semacamnya. Ada sebuah iPhone 3GS dengan iOS 4.3 yang harus diupgrade karena program dan game sudah banyak yang tidak compatible dengan iOS 4.3, sedangkan iOS yang paling baru saat ini masih iOS 6.1.3 (Mei 2013) jadi harus saya upgrade ke iOS 6.1.3

Sebelumnya saya tidak tahu apa-apa, karena saya penasaran dan tidak sabaran, jadinya

You Might Also Like

1 komentar