Langkah Go Green Dan Hemat Menurut Saya!

Paling simple! Buang sampah pada tempatnya! Biar sekecil apapun kalau itu sampah jangan buang sembarangan. Kalau gak ada tempat sampah di sekitarmu, simpah dulu sampah tersebut di dalam kantong pakaianmu

Botol minuman sebaiknya jangan langsung dibuang, isi ulang dan gunakan selama maksimal 2 hari.

Masukkan barang belanjaan ke dalam tas jika membawa tas. Kecuali barang belanjaan tidak memungkinkan dimasukkan ke dalam tas mungkin karena ukurannya atau karena barang belanjaan itu berupa kuah panas dan lain-lain.

Simpan kantong plastik, siapa tau nanti diperlukan. Untuk tempat membuang sampah mungkin? Atau bisa juga untuk membungkus sepatu atau sandal saat hujan atau banjir.

Perhitungkan perjalanan. Contohnya dari tempatmu ke sekolah, banyak jalannya, perhitungkan mana jalan yang paling cepat sampai. Coba semua jalan dan perhitungkan waktu perjalanannya. Terkadang yang kamu pikir jika lewat jalan itu dekat, nyatanya itu malah jauh.

Jangan membuka keran secara full!

Buang air ke tanaman jika ada. Misalnya kalau mau pakai gelas buat minum kan kadang dibuang airnya di gelas itu kan? Nah itu airnya dibuangnya ke tanaman biar gak sia-sia hehe.

Hentikan kebiasaan membiarkan pintu kulkas yang terbuka terlalu lama. Segera ambil apa yang mau diambil di kulkas dan segera tutup pintu kulkasnya.

Saat cuaca sedang dingin matikan kipas angin atau AC.

Hemat kertas. Mungkin pernah terjadi saat mencetak, hasil cetakan salah, maka apa yang dilakukan? Membuang kertas hasil cetakan tersebut? Jangan! Simpan kertas tersebut, mungkin nanti Anda ingin mencoba mencetak sesuatu tapi takut salah gunakan bagian belakang kertas tersebut, atau Anda ingin membuat poster gunakan bagian belakang kertas tersebut.

Jangan membuang koran bekas, siapa tau nanti diperlukan.

Gunakan lampu seminimal mungkin, contohnya jika masuk ke kamar mandi yang tidak terlalu gelap ya tidak perlu menyalakan lampu, tapi hati-hati mungkin saja bakal tersandung sesuatu jika gelap-gelap, jadi hati-hati.


YANG SAYA DAPAT DARI WEBSITE LAIN:
- Cabut steker peralatan elektronik Anda ketika tidak digunakan untuk menghindari “vampir energi” (penggunaan energi yang tak disadari)
- Siram WC dengan gayung, bukan dengan flush toilet.

- Untuk beberapa perkakas rumah tangga seperti palu, tangga, yang bisa pinjam sebaiknya pinjam tetangga atau teman.
- Meminjam buku di perpustakaan adalah salah satunya.
Oke sekian, masih ada hal yang susah saya hindari misalnya menggunakan kendaraan. Seharusnya lebih baik menggunakan kendaraan umum tetapi karena aktivitas saya jadinya saya menggunakan kendaraan pribadi, saya juga lebih merasa tidak ribet jika menggunakan kendaraan pribadi haha.

You Might Also Like

0 komentar